Berita & Acara

General Lighting LED, Dorong Efisiensi Energi di Industri Tekstil

General Lighting LED, Dorong Efisiensi Energi di Industri Tekstil

Jakarta, sinarmonas.com- Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menilai kenaikan tarif listrik berpotensi menggerus produktivitas sektor tekstil dan produk turunannya. Pasalnya, konsumsi listrik di sektor industri tekstil dan produk tekstil ini cukup tinggi,  yaitu sekitar Rp 200 juta hingga Rp 2 miliar yang harus dibayarkan perusahaan setiap bulannya. 
 
Hal itu disampaikan Sekretaris Eksekutif  API, E. G Ismy, setelah melakukan penandatanganan naskah kerja sama dengan PT Sinarmonas Industries, Pemanfaatan Lampu LED untuk Perusahaan Tekstil dan Produk tekstil (TPT),  di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/2018). “Dari total konsumsi ini, sekitar 30% terserap untuk biaya penerangan lampu. Karena itu TPT harus mencari solusi demi efisiensi,” ujarnya.
 
Tingginya biaya energi listrik akan membebani cost perusahaan. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah melakukan penggantian dengan penerangan, dari lampu konvensional menjadi lampu hemat energy (LED).
 
Ismy menjelaskan, penggunaan produk lampu LED untuk penerangan pabrik akan menghemat biaya lampu listrik sekitar 50-70 persen. “Penghematan listrik ini tentu akan menolong industri dalam mengurangi biaya produksi. Sehingga  industri tekstil nasional akan memilki daya saing yang kuat di pasar,” tambahnya.
 
PT Sinarmonas Industries selaku produsen lampu merek General Lighting LED siap menyukseskan program pemerintah dalam rangka penghematan energi nasional seperti  yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 79 tahun 2014 tentang kebijakan energi nasional.
 
 
Di tempat yang sama, Arie Juniadi selaku Marketing Manager PT Sinarmonas Industries, menambahkan bahwa pemanfaatan lampu LED baik di industri atau perumahan adalah langkah yang tepat untuk menekan pengeluaran mengingat lampu LED General Lighting ini hemat energi.
 
“Penghematan yang didapat dari penggunaan produk lampu LED sekitar 50–70 persen. Penghematan sebesar itu tentu sangat menolong  bagi industri maupun masyarakat umum, yang akan mengurangi biaya pembayaran listrik ke PLN setiap bulannya,” kata Arie.
 
Dalam hal ini PT Sinarmonas Industries sebagai produsen lampu General Lighting LED dengan garansi 3 tahun siap mensuplai kebutuhan  jenis lampu yang dibutuhkan industri tekstil dan produk tekstil anggota API. (Gilang Pradana)