Berita & Acara

Gunakanlah Kabel Ini Jika Melakukan Instalasi Listrik di Rumah

Gunakanlah Kabel Ini Jika Melakukan Instalasi Listrik di Rumah

Bangunan memiliki banyak komponen pendukung yang sangat penting keberadaannya. Salah satu komponen penting yang harus ada di dalam sebuah bangunan adalah instalasi kelistrikan. Tanpa listrik, bangunan akan terasa hampa dan tidak nyaman untuk ditempati. Ibarat sayur tanpa garam, akan terasa hampa. Untuk itu instalasi kelistrikan dapat membantu segala aktifitas di dalam ruangan, seperti ketersediaan air, menyalakan ac, televisi, penerangan, dan lain sebagainya. 

Bagi kamu yang ingin membangun rumah tidak kalah pentingnya menentukan kabel apa yang ingin digunakan karena bagian dari elemen utama untuk instalasi listrik yang menyalurkan aliran listrik ke perangkat yang membutuhkan energi dalam rumah. Ada beberapa jenis kabel yang sering digunakan yang secara tak sadar menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari. Maka itu yang perlu diperhatikan sebelum melakukan instalasi listrik di rumah mengenal jenis kabel yang akan digunakan.

Antara lain adalah kabel yang menggunakan lapisan pelindung atau isolasi PVC dengan warna isolasi yang berwarna hitam, biru, kuning dan merah. Kabel ini adalah jenis kabel yang penggunaanya hanya untuk bagian atas atau di udara tidak di dalam tanah.

Kabel tersebut pun dibagi ke dalam berbagai varietas seperti kabel NYY yang biasanya warna yang digunakan selalu hitam dan pelindungnya menggunakan dua isolasi PVC. Kabel ini memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan kabel yang lain. Kabel jenis ini bisa digunakan di luar ruang bahkan dapat digunakan atau ditanam. Biasanya lampu taman, mercury dan lampu luar lain menggunakan kabel dari jenis ini.

Ada juga kabel NYM yang menggunakan pelindung luar PVC dan warnanya adalah putih. Inti kawat atau kebelnya ada yang berjumlah 2, 3, hingga 4. Setiap inti mempunyai lapisan pelindung dari karet yang warnanya berbeda-beda. Kabel ini sering digunakan pada instalasi listrik rumah dan gedung. Pasalnya kabel ini mempunyai dua pelindung maka kabel jenis ini termasuk kuat. Jangan khawatir kabel jenis ini pun bisa ditanam dalam tembok hanya saja harus menggunakan conduits atau pipa lagi.



Namun perlu diketahui, meski bisa digunakan untuk luar tembok kabel ini bukan jenis kabel yang bisa digunakan untuk luar ruang. Jadi penggunaanya harus tetap berada di dalam ruang.  Adapun kabel serabut yang juga sering disebut kabel inti yang berupa kawat-kawan kecil dan dijadikan satu sehingga bentuknya seperti serabut. Kabel ini menggunakan dua inti yang masing-masing menggunakan warna yang berbeda. Penggunaannya adalah untuk daya listrik yang menggunakan tenaga atau energi yang rendah. Bagaimana kini Anda sudah tahu kana pa yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi listrik di rumah? (Gilang Pradana)