Berita & Acara

Mengenal Material Kabel Dari Kode Hurufnya

Mengenal Material Kabel Dari Kode Hurufnya

Secara umum kabel yang kita gunakan atau yang berada di pasaran namanya terdengar kurang familiar bagi sebagian orang, contohnya kabel NYM dan NYA yang biasa kita gunakan di instalasi rumah. Sebenarnya nama-nama tersebut merupakan penggabungan dari beberapa huruf mati (konsonan) yang disisipkan 1 atau 2 huruf hidup (vocal) misalnya: NYY, NYFGbY, N2XA, NA2XSEYbY dan sebagainya.

Penyebutan atau penamaan dari tiap kabel tersebut merupakan penggabungan dari kode huruf yang mewakili hampir seluruh materi atau komponen kabel tersebut, dengan urutan penempatan kode huruf dimulai dari material konduktor yang biasanya selalu berada di posisi tengah (paling dalam), baru kemudian disusul komponen berikut yang menyelubunginya, kemudian dilanjutkan dengan yang berikutnya lagi, hingga komponen yang paling luar. Sedangkan penulisan kode huruf disusun dari kiri ke kanan.

Seperti yang telah disampaikan di atas, maka untuk sedikit lebih mengetahui arti nama-nama kabel, maka berikut ini kami tampilkan beberapa kode huruf yang mewakili dari material-material kabel yang umum digunakan, serta beberapa singkatan huruf yang merupakan keterangan tertentu antara lain:

N: Copper Conductor

f: Flexible

NA: Aluminum Conductor

M: PVC Sheath for indoor

Y: PVC Sheath for outdoor

S: Copper Tape Screening

C: Concentric Copper Tape Screening

F: Galvanized Flat Steel Wire

R: Galvanized Round Steel Wire

Gb: Steel Tape Helix (Following F or R)

A: Conductor Insulation Single

B: Double Steel Tape Armored

2X: Cross-linked (XLPE)

re: Circular Solid Conductor

rm: Circular Stranded Conductor

sm: Shaped Stranded Conductor

cm: Compacted Circular Stranded Conductor