Berita & Acara

Cara Hemat Listrik Di Rumah Agar Lebih Efisien

Cara Hemat Listrik Di Rumah Agar Lebih Efisien

Keterbatasan pasokan listrik, membuat pemerintah saat ini sedang menggalakkan program hemat listrik di lingkungan pemerintah. Selain itu, pemerintah juga memberlakukan beberapa aturan dan himbauan agar dapat mendukung program tersebut, seperti dengan mengalihkan hari kerja pabrik ke akhir minggu, penghematan listrik di mal/pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Lalu bagaimana dengan rumah tangga? Ada baiknya kita juga turut membudayakan program hemat listrik di rumah. Selain dapat menghemat biaya pengeluaran rumah tangga, hemat energi listrik juga dapat mengurangi polusi, serta menjaga agar barang-barang elektronik kita tetap awet. Berikut ini beberapa tips untuk hemat penggunaan energi listrik di rumah.
 

Cek Kapasitas Daya Listrik

Cek apakah kapasitas daya listrik dari PLN di rumah Anda sudah tepat sesuai dengan kebutuhan. Apakah termasuk golongan 900 – 1300 VA, 13000 – 2200 VA atau >2200VA. Jika ternyata pemakaian berdaya di bawah kapasitas daya listrik, Anda dapat meminta PLN untuk menurunkannya. Dengan demikian penghematan dapat dilakukan.
 

Lakukan Perencanaan

Mulailah menghitung berapa kebutuhan daya listrik yang Anda perlukan perhari. Perhatikan pemakainan peralatan listrik di rumah Anda apakah sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Pahami perhitungan tagihan pemakaian listrik secara rinci.
 

Pilih Peralatan Elektronik Sesuai Kebutuhan

Selalu memilih peralatan listrik yang hemat energi atau berdaya listrik sesuai dengan kebutuhan, misalnya: Lampu, AC, Lemari Es, TV/Radio, komputer, mesin cuci Microwave, vacuum cleaner, water heater, dan lain-lain.
 

Gunakan Lampu LED

Lampu LED merupakan lampu generasi terkini.  Jenis lampu ini memanfaatkan teknologi semi-konduktor yang hampir sama dengan teknologi pada komputer, telepon pintar, serta alat-alat elektronik yang kita gunakan. Lampu LED terbukti lebih awet dan hemat energi. Agar lebih maksimal, atur perabotan rumah agar tidak menghalangi cahaya lampu, dan gunakan juga warna cat ruang yang terang untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja lampu.
 

Perhatikan Penggunaan Pendingin Udara

Gunakan pendingin udara dengan kapasitas sesuai dengan kebutuhan ruangan, atur suhu udara di 25 derajat celcius, karena jika terlalu rendah akan membutuhkan daya lebih, Gunakan timer untuk menyesuaikan penggunaan sesuai kebutuhan. Usahakan tidak terlalu sering mematikan lalu menyalakan AC, karena saat pertamakali menyala, AC membutuhkan banyak daya.
 

Budayakan Gaya Hidup Hemat Energi

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah selalu bergaya hidup hemat listrik, seperti mematikan lampu dan peralatan elektronik apabila tidak diperlukan.