close Beranda Tentang Kami Produk Informasi
Berita Blog
Kontak Karir
sinarmonas

Blog

Harga Kabel Tembaga Terus Melambung? Mungkin Ini Bisa Menjadi Solusi

Harga Kabel Tembaga Terus Melambung? Mungkin Ini Bisa Menjadi Solusi

05 November 2021

Dalam beberapa tahun terakhir harga tembaga di London Metal Exchange (LME) terus melambung, bahkan di bulan Oktober ini hampir kembali mendekati harga tertinggi sepanjang sejarah, dimana bulan Mei lalu berhasil menembus harga tertinggi senilai US$10.400 per ton. Dampak dari kenaikan harga tembaga tersebut juga mempengaruhi harga kabel tembaga saat ini.

Seperti yang Anda ketahui, tembaga merupakan material penting dalam pembuatan kabel, baik itu untuk kebutuhan pembangkit listrik, transmisi tenaga, distribusi tenaga, sirkuit elektronik, dan berbagai macam peralatan listrik lainnya. Kabel tembaga digunakan karena memiliki konduktivitas listrik tinggi, tahan korosi, ekspansi termal rendah, konduktivitas termal tinggi, dan mudah diaplikasikan.

Namun ditengah kenaikan harga tembaga yang terus melonjak, kabel aluminium bisa menjadi solusi bagi konsumen yang membutuhkan alternatif kabel listrik yang lebih terjangkau. Jika dibandingkan dengan kabel tembaga, kabel aluminium harganya jauh lebih murah.

Kabel aluminium juga memiliki berat yang ringan dikarenakan berat jenis dari Alumunium sendiri hanya 2,703 gram/cm3, sehingga memudahkan dalam proses penarikkan dan pengaplikasiannya, serta yang tidak kalah penting adalah kabel aluminium tahan terhadap korosi.

Pada perinsipnya, kabel aluminium dapat diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan penghantar listrik yang sama dengan kabel tembaga. Sebagai gambaran, berikut ini contoh perbandingan kabel aluminium dan kabel tembaga pada jenis kabel NYY dan NAYY.

 

Ini Dia! Beberapa Jenis Kabel Aluminium Yang Banyak Digunakan Dan Laris Di Pasaran

Kabel Low Voltage - NAYFGbY, NAYY, NA2XY
Kabel Low Voltage, merupakan kabel yang khusus dipergunakan untuk menyalurkan daya listrik dengan tegangan rendah, yaitu tegangan dengan batas minimum 0,61/1 (1,2) kV sampai dengan 1,8/3 (3,6) kV. Untuk produk ini terdapat 2 jenis material insulated, PVC dan XLP.

Kabel Medium Voltage - NA2XSY & NA2XSEBY
Fungsi dari jenis kabel aluminium ini sama dengan kabel tembaga. Biasanya digunakan untuk penghantar listrik dari gardu induk listrik ke bangunan-bangunan seperti hotel, pabrik, gedung perkantoran, dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan kabel tembaga, kabel Medium Voltage berpenghantar aluminium harganya jauh lebih murah.

Kabel Twisted - NFA2X & NFA2X-T
Kabel jenis ini umumnya digunakan sebagai kabel udara untuk kebutuhan lampu penerangan jalan, baik di perumahan maupun jalan umum. Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan salah satu perusahaan yang sudah menggunakan produk kabel twisted NFA2X dan NFA2X-T.

Kabel AAACS & ACSR
Kabel aluminium yang satu ini digunakan untuk saluran-saluran transmisi tegangan tinggi. Kabel ini didesain sebagai kabel yang mempunyai konstruksi yang kuat, anti karat, serta untuk penggunaan yang sangat lama.

PT. Sinarmonas Industries sebagai distributor resmi dari produk Jembo Cable siap memenuhi segala kebutuhan kabel aluminium di industri Anda, baik kabel bertegangan rendah, maupun kabel bertegangan menengah. Konsultasikan kebutuhan kabel aluminium Anda kepada kami.

Baca juga : Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pakai Jembo Cable, Mengenal Jenis Kabel dan PengaplikasiannyaKenali Jenis, Fungsi dan Penghantar Pada Kabel Listrik