close Beranda Tentang Kami Produk Informasi
Berita Blog
Kontak Karir
sinarmonas

Blog

Jenis Kabel Listrik Apa Saja Yang Sering Digunakan Perumahan?

Jenis Kabel Listrik Apa Saja Yang Sering Digunakan Perumahan?

05 Oktober 2021

Kabel listrik merupakan sebuah media untuk menyalurkan energi listrik. Kabel listrik terdiri dari konduktor dan isolator. Untuk konduktor terbuat dari bahan alumunium ataupun tembaga, sedangkan untuk isolatornya terbuat dari bahan thermosetting atau termoplastik.Kemampuan hantar kabel listrik ditentukan oleh KHA atau Kemampuan Hantar Arus yang dimilikinya. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampung konduktor yang ada di dalam kabel listrik tersebut. Adapun untuk ketentuan mengenai KHA sebuah kabel lirik, diatur dalam spesifikasi Standar PLN (SPLN).

Berdasarkan tegangannya, kabel listrik terdiri dari tiga kategori, yakni kabel listrik tegangan rendah, menengah dan tinggi. Namun kabel yang umumnya digunakan di perumahan ada 3 jenis, yakni kabel NYA, NYM dan NYY. Sebelum melakukan instalasi listrik di rumah, pengguna mesti mengetahui terlebih dahulu jenis kabel mana yang tepat untuk digunakan.

Berikut penjelasan masing-masing jenis kabel tersebut.

1. Kabel NYA

Kabel NYA yaitu kabel tegangan rendah tanpa perisai dengan bahan inti/penghantar tembaga yang di-anil-kan (pemanasan kemudian didinginkan pelan-pelan) dengan isolasi selubung PVC. Tegangan nominal antara 450 V/750 V digunakan untuk instalasi permanen dalam pipa kabel atau terbuka pada kondisi kering, dengan klasifikasi inti kabel hijau-kuning, kuning, hitam, biru-muda, dan merah.

Kabel NYA juga merupakan jenis kabel listrik yang berinti tunggal, isolator kabel listrik jenis ini berbahan PVC. Jenis kabel NYA  paling banyak dipasang untuk instalasi listrik di rumah. Lapisan isolasi kabel NYA hanya satu lapis, sehingga mudah cacat, mudah digigit tikus, serta tidak tahan air. Supaya aman, apabila memilih untuk menggunakan kabel NYA, maka mesti dipasangi pipa atau conduit jenis PVC maupun saluran tertutup sehingga tidak mudah rusak akibat gigitan tikus sehingga jika terdapat isolasi yang mengelupas sangat membahayakan dan tidak akan tersentuh. Kabel jenis NYA direkomendasikan dan cocok sekali digunakan sebagai instalasi permanen didalam panel distribusi atau sebagai konektor dalam panel. Kabel tersebut memiliki isolasi plastic yang tahan panas. Cocok diaplikasikan pada lingkungan yang kering  tapi tidak cocok untuk kondisi basah dan lembab.

2. Kabel NYM

Kabel NYM yaitu kabel tegangan rendah tanpa perisai dengan bahan inti/penghantar tembaga yang dianilkan (pemanasan kemudian didinginkan pelan-pelan), dengan isolasi selubung PVC. Tegangan nominal antara 300/500V,digunakan untuk instalasi permanen dalam pipa PVC yang diplester. Bisa juga dipasang langsung pada bagian-bagian lain bangunan konstruksi, rangka asalkan cara pemasangannya tidak merusak selubung luar kabelnya tetapi tidak boleh dipasang di dalam tanah.

Klasifikasi inti kabel : 

Dua-inti : Biru muda –> Hitam
Tiga-inti : Sistem 1-> Hijau strip kuning, biru, coklat
    Sistem 0-> Coklat, hitam, abu abu
Empat inti : Sistem 1->Hijau strip kuning, coklat, hitam abu-abu
    Sistem 0->Biru, coklat, hitam, abu-abu
Lima-inti : Sistem 1-> Hijau strip kuning, biru, coklat, hitam, abu-abu
    Sistem 0-> Biru, coklat, hitam, abu-abu, hitam


Kabel NYM juga merupakan jenis kabel listrik yang berinti lebih dari satu, mulai dari 2 hingga 4. Jenis Kabel NYM mempunyai dua lapisan isolasi, sehingga tingkat keamanannya jauh lebih baik daripada kabel NYA. Harga kabel listrik NYM pun lebih mahal dari kabel NYA. Kabel NYM bisa digunakan untuk instalasi listrik di luar ataupun dalam ruangan. Kabel NYM pun bisa digunakan di area yang kering dan juga basah, akan tetapi tidak digunakan untuk ditanam. kabel jenis NYM direkomendasikan hanya untuk instalasi tetap di dalam bangunan, dimana penempatannya bisa diluar atau didalam tembok maupun didalam pipa listrik. Bisa dipasang di ruangan yang kering dan lembab sekalipun namun tidak disarankan dipasang diluar rumah atau langsung ditanam di dalam tanah dimana di tempat tersebut bisa terkena panas dan hujan secara langsung.

3. Kabel NYY

Kabel NYY adalah kabel tegangan rendah tanpa perisai dengan bahan inti tembaga yang di-anil-kan (pemanasan kemudian didinginkan pelan-pelan), mempunyai isolasi PVC dan berselubung/pelindung terluar menggunakan PVC. Tegangan nominal antara 600/1000V.
Kabel NYY digunakan untuk pemasangan instalasi dalam dan luar ruangan atau diletakkan di tanah dalam pipa untuk melindungi kabel dari kemungkinan kerusakan mekanik.

Klasifikasi inti kabel :

Satu inti : Hitam
Dua inti : Biru muda, hitam
Tiga inti : Sistem 1 -> Hijau strip kuning, biru, coklat 
    Sistem 0 -> Coklat, hitam, abu abu
Empat inti : Sistem 1 -> Hijau strip kuning, coklat, hitam, abu-abu
    Sistem 0 -> Biru, coklat, hitam, abu abu
Lima inti : Sistem 1-> Hijau strip kuning, biru, coklat, hitam, abu-abu
    Sistem 0 -> Biru, coklat, hitam, abu abu, hitam
Di atas lima inti : Hitam dengan penandaan angka angka berwarna putih

 

Kabel NYY mempunyai ukuran yang lebih besar dan lapisan isolasinya lebih kuat dan lebih tebal dari jenis kabel NYM. Sehingga kabel NYY ini cocok sekali untuk ditanam di tembok ataupun di bawah permukaan tanah. Meskipun mempunyai isolasi yang kuat, namun mesti tetap diberikan perlindungan seperti duct, pipa PVC atau pipa besi supaya ketahanannya maksimal. Dengan kualitasnya yang lebih kuat dari kabel NYM, tentu saja harga kabel listrik NYY sedikit mahal dari kabel NYM. Kabel jenis NYY dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah dan bisa ditempatkan didalam dan diluar ruangan dalam kondisi lembab ataupun kering akan tetapi harus tetap diberikan perlindungan khusus misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi.

Catatan : Kadar Cu/tembaga Jembo Cable : 99,99%

Itulah beberapa macam kabel yang biasa digunakan untuk instalasi listrik di rumah, selamat berbelanja kabel yang sesuai dengan kebutuhan anda di website kami.

Baca juga : Mengenal Jenis Kabel & Pengaplikasiannya, Ini Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Kabel Jembo, Tips Membeli Kabel Listrik Yang Berkualitas, Kabel 4 Besar, Isu atau Fakta?

 



Join Grup WA
SISKO
   
Join Grup Telegram
SISKO