close Beranda Tentang Kami Produk Informasi
Berita Blog
Kontak Karir
sinarmonas

Blog

Mengenal Jenis Kabel dan Pengaplikasiannya

Mengenal Jenis Kabel dan Pengaplikasiannya

22 Juni 2020

Listrik sangat dibutuhkan bagi manusia, mulai dari menyalakan lampu, hingga peralatan elektronik semua membutuhkan listrik. Kabel Listrik sendiri merupakan perantara atau media untuk menyalurkan energy listrik tersebut. Kabel Listrik terdiri dari isolator atau pembungkus kabel dan juga konduktor, sebagai bahan penghantar listrik. Biasanya konduktor terbuat dari bahan Tembaga dan juga Alumunium. Kabel Listrik juga cukup beragam jenisnya dan memiliki fungsi yang berbeda, seperti:

Kabel NYM

Kabel ini merupakan salah satu jenis kabel yang aman karena memiliki dua lapis pelindung isolasi. Kabel jenis ini biasanya ditempatkan di dalam atau di luar tembok bangunan. Meskipun dapat diaplikasikan di lingkungan kering atau basah, kabel ini tidak diperuntukan untuk ditanam di dalam tanah.

Kabel NYY

Kabel ini biasanya berwarna hitam dan pelindungnya menggunakan dua isolasi PVC. Kabel NYY memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan kabel yang lain dan bisa digunakan di luar ruang bahkan dapat ditanam di dalam tanah. Biasanya kabel jenis ini diaplikasikan untuk lampu taman dan instalasi luar ruangan lainnya.

Kabel NYA

Kabel ini merupakan kabel tembaga tunggal dengan isolasi terselubung berbahan PVC satu lapis. Kabel jenis ini dapat digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga atau sistem power. Isolasi kabel ini mempunyai 4 kode warna yaitu merah, kuning, biru dan hitam. Kabel ini merupakan jenis kabel yang tingkat keamanannya paling rendah dan mudah digigit tikus. Dalam mengaplikasikan kabel ini sebaiknya menggunakan saluran tertutup seperti pipa atau dipasang di udara.

Kabel NYAF

Kabel ini adalah kabel dengan inti tembaga serabut, sehingga cukup lentur. Kabel jenis ini juga tidak disarankan untuk digunakan pada lingkungan yang basah atau di luar ruangan karena hanya menggunakan isolasi satu lapis. Biasanya kabel NYAF digunakan untuk instalasi perangkat elektronik dan listrik yang butuh fleksibilitas tinggi, serta instalasi panel distribusi atau sebagai konektor dalam panel.