Berita & Acara

Fiber optik, mengetahui kelebihan dan kelemahannya

Fiber optik, mengetahui kelebihan dan kelemahannya

Fiber optik merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi. Jaringan kabel yang terbuat dari serat kaca ini mampu mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain dengan sangat cepat.
 
Secara umum terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan fiber optik diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Redam transmisi yang kecil sehingga dapat digunakan untuk transmisi data jarak jauh.
2. Bidang frekuensi yang lebar.
3. Ukuran kecil dan ringan.
4. Tidak ada interferensi atau interaksi antar gelombang, sehingga tidak merusak jaringan.
5. Adanya isolasi antara pengirim (transmitter) dan penerimanya (receiver). Tidak ada ground loop serta tidak akan terjadi hubungan api pada saat kontak atau terputusnya fiber optic. Dengan demikian sangat aman dipasang di tempat-tempat yang mudah terbakar.
6. Dapat membawa data transmisi dengan kapasitas yang sangat besar.
 
Selain beberapa kelebihan di atas, ada juga kelemahan dari fiber optik, diantaranya adalah:
1. Memerlukan perawatan dan perlakuan yang sangat hati-hati karena kabel optik terbuat dari bahan dasar kaca. Kabel optik juga mudah patah dan mengalami gangguan transmisi jika terjadi pembengkokan (bending).
2. Dalam beberapa kasus, memerlukan waktu restorasi atau perbaikan penyambungan yang lama tergantung tingkat kesulitan di medan.
3. Alat-alat dan perangkat pendukung pengoprasian serat optik harganya cukup mahal dan tidak semua orang bisa melakukan pengoprasian dan pemeliharaan jaringan.
 
Demikian sedikit gambaran secara ringkas mengenai kelebihan dan kelemahan fiber optik. Meskipun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit dan perawatannya tidak mudah, fiber optik memiliki manfaat yang sangat besar.