Berita & Acara

Mengenal Bahaya Sengatan Listrik Pada Manusia

Mengenal Bahaya Sengatan Listrik Pada Manusia

Di satu sisi saat menjalankan beberapa aktivitas sehari-hari kita sangat membutuhkan daya listrik, namun di sisi lain ternyata listrik juga sangat membahayakan keselamatan kita jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akibat listrik, kita perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya listrik dan juga meningkatkan pemahaman terhadap sifat dasar kelistrikan yang kita gunakan.
 
Kategori Bahaya Akibat Sengatan Listrik

Ada dua kategori bahaya yang ditimbulkan dari sengatan listrik, yaitu bahaya premier dan sekunder. Bahaya premier disebabkan oleh sengatan listrik secara langsung, biasanya terjadi karena anggota tubuh bersentuhan langsung dengan bagian yang bertegangan. Sedangkan bahaya sekunder adalah bahaya-bahaya yang diakibatkan oleh listrik secara tidak langsung. Biasanya sengatan listrik ini terjadi karena adanya tegangan liar yang terhubung ke body atau selungkup alat yang terbuat dari logam, bukan bagian dari yang bertegangan.
 
Dampak Sengatan Listrik Bagi Manusia

Dampak sengatan listrik antara lain adalah: gagal kerja jantung (Ventricular Fibrillation), yaitu berhentinya denyut jantung atau denyut jantung menjadi lemah sehingga tidak mampu mensirkulasi darah dengan baik. Untuk mengembalikannya perlu bantuan atau pertolongan dari luar sesegera mungkin; Gangguan pernafasan akibat kontraksi hebat (suffocation) yang dialami oleh paru-paru, kerusakan sel tubuh akibat energi listrik yang mengalir di dalam tubuh, serta terbakar akibat efek panas dari listrik.
 
Faktor Penentu Tingkatan Sengat Listrik

Tingkat keseriusan sengatan listrik pada tubuh manusia bisa dilihat dari besar arus listrik yang mengalir pada tubuh. Hal ini ditentukan juga dengan sistem tegangan yang digunakan, serta tahanan (hambatan listrik) pada tubuh manusia, seperti kelembaban/moistur kulit, serta faktor lain, seperti ukuran tubuh, berat badan, dan sebagainya.

Selain itu, Lintasan arus listrik juga sangat menentukan tingkat sengatan listrik . Lintasan yang sangat berbahaya adalah ketika melewati jantung dan pusat saraf otak. Untuk itu bagi Anda yang bekerja pada sistem kelistrikan, khususnya yang bersifat on-line, pastikan Anda selalu menggunakan topi, sepatu dan sarung tangan dengan isolasi khusus untuk menghindari sengatan listrik ke bagian kepala dan juga jantung.