Berita & Acara

PVC Compound, material untuk apa itu ?

PVC Compound, material untuk apa itu ?

PVC (Polyvinylchloride) compound mulai digunakan sebagai bahan isolasi (insulation) kabel kira-kira setengah abad lalu. Pilihan terhadap PVC Compound ini dikarenakan material / bahan ini memiliki sifat fisik kuat tarik dan pemuluran. Dari sifat kimia tahan terhadap beberapa bahan kimia yang sangat baik, prosesnya mudah (secara extrusi, injeksi), serta harganya murah.
 
PVC compound menjadi salah satu bahan plastik yang paling banyak digunakan oleh berbagai jenis perusahaan industri. Sejak beberapa tahun lalu mulai dari industri karpet, selang plastik yang menggunakan PVC fleksibel sampai industri pipa paralon yang menggunakan PVC kaku dan keras.
 
PVC compound adalah PVC resin yang sudah dicampur dengan beberapa additive. Tujuan penambahan additive ini adalah untuk memperoleh kualitas bahan sesuai aplikasi yang direncanakan. Pada dasarnya PVC resin itu sendiri tidak bisa diproses tanpa penambahan additive. Beberapa additive yang sering ditambahkan ke dalam PVC resin  misalnya, plasticizer (membuat PVC lebih fleksibe). Heat stabilizer (membuat PVC tahan panas saat proses), filler (membuat lebih berat secara density dan juga murah). Lubricant (membuat surface / visual menjadi halus dan mengkilat) serta beberapa additive lainnya seperti flame retardant additive(membuat lebih tahan terhadap api), UV resistance (tahan terhadap radiasi sinar UV dari matahari), anti jamur, anti rayap dan sebagainya.
 
Berdasarkan Standar Internasional, PVC resin dibedakan berdasarkan nilai K (K-Value) yang menunjukkan seberapa besar/seberapa  panjang rantai polimer dari PVC resin. Semakin besar derajat polimerisasinya (semakin panjang rantai polimernya), semakin besar K-Value, dan sifat mekaniknya semakin kuat. Sebaliknya, semakin kecil nilai K, semakin kecil derajat polimerisasinya, PVC resin semakin cair dan sifat mekanismenya semakin turun.
 
PVC dengan derajat polimerisasi  2500-3000 yang disebut K-75, biasanya dipakai untuk membuat selang plastik dan lain-lain. PVC resin dengan polimerisasi 1300-1700 yang disebut K-70, biasanya dipakai untuk isolasi dan sheath kabel. PVC dengan polimerisasi  1000-1300 yang disebut K-65, biasanya dipakai untuk membuat kulit imitasi, pipa lunak. Lembaran tipis, biasanya digunakan untuk membuat cat atau lem karena bahannya lebih cair.
 
PT. Sinarmonas Industri didirikan pada tahun 1993 sebagai perusahaan kabel presisi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memproduksi PVC compound sendiri. PVC compound yang diproduksi juga telah melalui tahap pemeriksaan kualitas di laboratorium. Untuk memenuhi standar yang akan digunakan oleh klien dalam memproduksi kabel bermutu tinggi. Untuk informasi lebih jelas seputar pemasaran silakan hubungi kami via email sales@sinarmonas.com