close Beranda Tentang Kami Produk Informasi
Berita Blog
Kontak Karir
sinarmonas

Blog

Tips Cegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

Tips Cegah Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

25 Juli 2022

 

Korsleting Listrik (hubungan arus pendek listrik) sering kali dikaitkan sebagai penyebab dari kebakaran suatu bangunan, baik rumah, maupun gedung perkantoran. Korsleting listrik sendiri tidak akan terjadi apabila instalasi dan penggunaan listrik diaplikasikan secara benar. Mulai dari penggunaan perangkat listrik, material instalasi, dan rutin melakukan pemeriksaan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips untuk mencegak korsleting listrik.   

  1. Periksa Perangkat MCB Listrik.
    Miniature Circuit Breaker (MCB) memliki peranan penting dalam keamanan instalasi listrik bangunan. Karena alat ini mampu memutus aliran listrik jika mengalami kenaikan arus listrik secara tidak wajar.
  2. Gunakan Kabel Instalasi Berkualitas
    Sebagai penghantar arus listrik, kabel memiliki peranan penting dalam instalasi listrik. Gunakan selalu kabel listrik yang sudah tersertifikasi SNI untuk mencegah kebakaran akibat korsleting listrik, karena produk kabel ber SNI menggunakan material terbaik sesuai standar keamanan dan keselamatan, serta kabel ber SNI juga sudah melalui proses pengujian yang ketat.
  3. Rutin Periksa Instalasi Listrik
    Periksa instalasi listrik secara berkala. Pastikan tidak ada kabel listrik yang mengalami kerusakan karena cuaca, gigitan tikus, terhimpit benda dan sebagainya. Jika ada kabel yang mengalami kerusakan ganti atau serahkan kepada ahli kelistrikan untuk di perbaiki.
  4. Pastikan Meteran Listrik Dalam Kondisi Baik
    Jika ada kerusakan atau kendala pada meteran listrik, sebaiknya langsung menghubungi PLN 123. Tim teknisi dari PLN selalu siap menangani keluhan.Bijak Menggunakan Listrik

Sebelum meninggalkan rumah atau kantor, pastikan perangkat listrik dalam keadaan mati dan perangkat elektronik mati atau tidak terhubung dengan steker. Hal ini penting karena banyak kasus kebakaran yang terjadi dikarenakan kelalaian dari masyarakat itu sendiri, seperti lupa mematikan pendingin udara berhari-hari, lupa mematikan kipas angin, dan sebagainya.

Baca juga : Kabel Flame Retardant dan Pengujiannya , Hindari Bahaya Kebakaran Yang Disebabkan Oleh ListrikPerbedaan Kabel Fire Resistance dan Kabel Flame Retardant