close Beranda Tentang Kami Produk Informasi
Berita Blog
Kontak Karir
sinarmonas
Kabel 4 Besar, Isu atau Fakta?

Kabel 4 Besar, Isu atau Fakta?

11 Januari 2021

Kesalahan dalam pemilihan merek kabel akan berdampak pada penentuan kualitas kabel itu sendiri serta menyebabkan kerugian yang besar dan fatal. Kenapa demikian? instalasi kabel yang tidak didukung dengan kualitas dan standar kabel yang baik dapat berdampak pada terjadinya korsleting dan kebakaran yang bisa membahayakan keselamatan jiwa serta kelangsungan bangunan itu sendiri.

 
Fenomena Kabel 4 Besar

Beredar di masyarakat bahwa untuk menentukan penggunaan kabel pada sebuah industri ataupun perumahan harus mengacu pada istilah kabel 4 besar. Terutama bagi Anda para kontraktor, konsultan atau pengelola bangunan seperti gedung, apartemen dan industri properti lainnya pasti mengenal istilah ini. Atau mungkin, menjadikan kriteria serta pertimbangan Anda dalam menentukan produk kabel yang akan digunakan pada proyek Anda, selain kualitas dan harga yang kompetitif. Namun pertanyaannya saat ini, apa yang menjadi acuan dari kriteria kabel 4 besar ini ?

Kabel 4 Besar bukanlah standar baku

Hingga saat ini masih belum jelas pedoman dari kriteria tersebut. Pada realitanya patokan 4 besar bukan merupakan standar baku yang ditetapkan pemerintah. Karena pemerintah sendiri tidak pernah mengeluarkan rekomendasi merek kabel berdasar peringkat. Tetapi hanya menetapkan mutu kabel pada standar yang dikeluarkan oleh SNI.

Produk yang sudah mengantongi sertifikasi SNI pasti memiliki kualitas yang baik, karena produk kabel ber-SNI sudah tentu lolos dari berbagai proses pengujian. Penetapan SNI memiliki tujuan untuk meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja dan masyarakat lainnya baik untuk keselamatan, keamanan, kesehatan maupun kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Kabel berkualitas versus kabel 4 besar

Begitu melekatnya isu ini di hati masyarakat sehingga melupakan sisi kualitas dan eksistensi sebuah proses perjalanan panjang untuk menghasilkan produksi kabel bermutu. Pada kenyataannya, yang masuk kategori merek kabel 4 besar ini selalu berubah-ubah. Belum tentu juga merek kabel yang masuk kategori ini memiliki kualitas produk dan manajemen mutu yang baik. Bahkan ada perusahaan pabrik kabel yang masuk kategori ini justru sudah tidak beroperasi lagi.

Sesungguhnya faktor yang sangat kuat mempengaruhi suatu perusahaan atau brand kabel bisa dianggap nomor 1 (satu) antara lain : 

  • Omset penjualan yang tinggi,
  • Harga bersaing,
  • Kualitas baik,
  • Kapasitas produksi besar,
  • Komitmen delivery yang tepat waktu,
  • Fasilitas pabrik lengkap dan
  • Management/ pengelolaan perusahaan dan karyawan yang baik.

PT. Jembo Cable Company, Tbk. sebagai salah satu perusahaan kabel pertama di indonesia yang berdiri sejak tahun 1973 serta memiliki komitmen untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas, tentunya sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan di atas. Kepercayaan masyarakat terhadap kualitas Jembo Cable pun tidak diragukan lagi. Banyak perusahaan besar baik Instansi Pemerintah, BUMN dan Swasta menjadi mitra strategis PT. Jembo Cable Company, Tbk.

Jembo Cable masuk merek kabel 4 besar ?

Pertanyaannya sekarang apakah Jembo Cable masuk ke dalam kriteria merek kabel 4 besar?. Ada beberapa distributor kabel, konsultan, pengelola dan kontraktor bangunan yang menjadikan merek Jembo Cable masuk dalam kriteria ini. Walaupun, PT. Jembo Cable Company Tbk. sendiri sebagai pemegang merek Jembo Cable tidak pernah mengklaim Jembo Cable masuk ke dalam kriteria kabel 4 besar.

Jembo Cable hanya dan akan fokus kepada mutu dan kualitas serta terus berinovasi. Mutu adalah hal yang paling diutamakan. Investasi besar telah dilakukan demi menunjang terjaganya mutu barang dan jasa secara terus-menerus. Melakukan pengadaan peralatan dan perlengkapan di bidang Quality Control dalam upaya meningkatkan mutu barang dan jasa. 

PT. Jembo Cable Company, Tbk. telah mendapatkan sertifikat :

  • ISO 9002 (Standar internasional sistem manajemen kualitas atau model jaminan dalam kualitas dalam produksi, instalasi dan pelayanan) dari TUV Product Service GmbH 
  • ISO 9001 : 2008 (Standar internasional di bidang sistem manajemen mutu produk/jasa) 
  • ISO 14001 : 2004 (Standar internasional yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan untuk meminimalkan pengaruh negatif kegiatan operasional terhadap lingkungan yang mencakup udara, air, suara atau tanah)
  • OHSAS 18001 : 2007 (Standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

Cara menentukan merek kabel yang tepat

Kesalahan dalam pemilihan merek kabel akan berdampak pada penentuan kualitas kabel itu sendiri. Tentunya, kesalahan pemilihan ini juga dapat menyebabkan kerugian yang besar dan fatal bagi Anda. Kenapa demikian? instalasi kabel yang tidak didukung dengan kualitas dan standar kabel yang baik dapat berdampak pada terjadinya korsleting dan kebakaran yang bisa membahayakan keselamatan jiwa serta kelangsungan bangunan itu sendiri.

Lalu bagaimana sebaiknya kita menentukan merek kabel yang tepat? tentu bukan dari kriteria merek kabel 4 besar. Hal yang paling mendasar adalah :

Pertama, pastikan perusahaan tersebut sudah berpengalaman dalam memproduksi kabel berkualitas.
Untuk memastikan produsen kabel tersebut berpengalaman atau tidak, kita bisa melakukan kunjungan langsung ke pabrik dimana kabel itu diproduksi. Biasanya produsen kabel yang sudah besar dan terpercaya selalu mempersilakan kepada masyarakat untuk melakukan kunjungan dan mendalami serta mempelajari produk yang akan digunakan.

Kedua, produknya banyak digunakan perusahaan nasional (BUMN dan swasta) dan dipercaya perusahaan berskala internasional.
Produk kabel yang berkualitas dan teruji akan dilirik dan dijadikan mitra strategis oleh perusahaan-perusahaan besar baik perusahaan nasional (BUMN dan swasta) atau perusahaan berskala internasional. Biasanya daftar klien dan mitra akan dipublish juga di website resmi mereka. 

Ketiga, produk yang dibuat sudah memenuhi SNI dan standar Internasional.
Tujuannya agar konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja dan masyarakat dapat terlindungi baik untuk keselamatan, keamanan, kesehatan maupun kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Keempat, mengantongi sertifikat standar manajemen mutu.
Menunjukan bahwa perusahaan dikelola oleh orang-orang kompeten dan profesional serta memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan kualitas produk sesuai kebutuhan 

Kelima, memiliki varian kabel yang lengkap.
Dapat memenuhi semua tuntutan dan kebutuhan di semua lini baik untuk kebutuhan perorangan/rumah tangga maupun bidang usaha. 

Dan keenam yang paling penting adalah kualitas produk sudah teruji.
Produk yang berkualitas dan teruji dihasilkan dari perusahaan yang memiliki komitmen, visioner serta pengalaman yang panjang untuk menjaga eksistensinya.

Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana sebenarnya cara memilih dan menentukan merek kabel yang bagus dan tepat, sehingga pemakaian kabel menjadi awet dan tahan lama. Juga tak kalah penting adalah agar instalasi listrik menjadi lebih aman dari berbagai resiko.

Kesimpulan

Apalagi? apakah Anda masih percaya dengan isu kabel 4 besar?. Apakah paradigma lama ini masih menghambat pola berfikir kritis dan objektifitas Anda terutama dalam menentukan sebuah pilihan untuk kabel terbaik?. Tentunya tidak, untuk mendapatkan produk terbaik konsumenpun berhak mendapatkan informasi sebanyak dan seluas-luasnya, tentunya informasi yang benar dan bertanggung jawab. Semoga kedepannya masyarakat Indonesia semakin cerdas dalam memilih dan menentukan merek kabel yang tepat, sehingga tidak merasa dirugikan dan menyesal dikemudian hari.

Jembo Cable melalui distributor utamanya yaitu PT. Sinarmonas Industries membuka layanan informasi kepada masyarakat untuk lebih mengenal dan mengetahui mutu, layanan,  jenis dan seluruh varian kabel yang diproduksi oleh PT. Jembo Cable Company, Tbk.

Jangan segan untuk menghubungi tim kami atau kunjungi kantor cabang PT. Sinarmonas Industries yang ada di kota Anda.

     

 

Baca juga : Mengenal Kode Huruf Material KabelMengenal Fire Resistance CableVarian Produk Kabel Jembo